PEMBUKAAN SERANGKAIAN KEGIATAN PESANTREN RAMADHAN FIL MADRASAH  1445 H

Dokumentasi asli MIN 9 Blitar

Dalam rangka menyambut serta mengisi kegiatan pada bulan Ramadlan, Rabu, 13 Maret 2024 pagi MIN 9 Blitar melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan Fil Madrasah.  Pelaksanaan kegiatan ini yang diikuti seluruh peserta didik kelas 1 sampai dengan kelas 6. Pelaksanaan Ramadlan Fil Madrasah dilaksanakan selama 4 hari yakni Rabu, 13 Maret sampai Sabtu 16 Maret 2024.

Kegiatan Pesantren Ramadlan Fil Madrasah dibuka oleh Ibu Kepala Madrasah Khilmah Azimah, M.A didampingi oleh guru dan tenaga pendidik, dengan mengusung tema “Meningkatkan Akhlak dan Kualitas Ibadah Generasi Milenial di Era Digital”.

Kegiatan dimulai di pagi hari para siswa-siswi mulai menggelar tikat untuk melaksanakan Sholat Dhuha berjamaah bersama Imam Bapak Drs. Thoat Fauzi, M.Pd di halaman tribun MIN 9 Blitar. Selaku pembawa acara Ibu Anisatul Husnainik menyampaikan susunan acara pembukaan Ramadlan Fil Madrsah 1445 H. Dilanjutkan dengan pembacaan Tilawah Al Quran oleh siswi kelas 4 ananda Asna. Kemudian pemberian sambutan Ibu kepala madrasah dan dilanjutkan penyampaian Tausiah oleh Bapak Irham Fuadi, M.Pd.

Dalam sambutannya Ibu kepala madrasah menyampaikan 5 keutamaan di bulan Ramadlan. Adapun 5 keutamaannya yakni 1).Bulan benuh berkah yakni “Zidatul Khair” bertambahnya kebaikan terus menerus 2). Bulan penuh ampunan bagi setiap muslin yang berpuasa di bulan ramadlan dengan penuh keimanan dan keikhlasan maka akan diampuni dosa dosanya yang telah lalu dan yang akan datang 3). Pahal bersedekah yang tidak ada batasnya 4). Bulan Mustajabnya Doa 5). Memperbanyak membaca Al Quran. Pada akhir sambutanya Ibu kepala madrasah memberikan motivasi kepada siswa siswi bagi yang benar dapat Khatam Al Quran di bulan Ramadlan akan mendapatkan reward hadiah sebagai bentuk apresiasi.

Dilanjutkan dengan Tausiah yang disampaikan oleh Bapak Irham Fuadi, M.Pd. yakni tentang orang-orang yang berpuasa tapi tidak mendaptkan manfaat pahala apapun dari puasanya kecuali hanya lapar dan dahaga ialah orang-orang yang tidak menjaga lisannya dalam berbicara termasuk pada golongan yang sia-sia.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan di kelas masing-masing dengan melaksanakan tadarrus Al Quran dan materi Ramadhan terkait dengan tata cara Tayyamum, Waktu Mustajab di Bulan Ramadhan dan Adab ketika Bersilaturahmi.  

Keberkahan Bulan Ramadlan tidak boleh disia-siakan yang mana harus diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dan dilaksanakan dengan semaksimal mungkin. Semoga dengan adanya kegiatan Pesantren Ramadlan Fil Madrasah ini dapat memberikan keberkahan dan manfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *